5 Perusahaan Produsen Mobil Terkemuka di Indonesia

5 Perusahaan Produsen Mobil Terkemuka di Indonesia

5 Perusahaan Produsen Mobil Terkemuka di Indonesia

 

 

5 Perusahaan Produsen Mobil Terkemuka di Indonesia. Mobil merupakan kendaraan roda empat yang pada umumnya digunakan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Dengan kapasitasnya yang lebih besar dibanding dengan kendaraan roda dua, membuat mobil sangat diminati oleh keluarga yang beranggotakan lebih dari empat orang.

Maraknya permintaan pasar, membuat banyak perusahaan produsen mobil mendistribusikan produk mereka di Indonesia. Dalam sebuah barang atau satu produk, tentu saja tidak lepas dari orang atau perusahaan yang membuatnya. Tak terkecuali pada mobil, berbagai perusahaan produsen mobil selalu berinovasi untuk meningkatkan mutu atau kualitas produk mereka.

Reputasi dan kapasitas produsen menjadi tolak ukur penting dalam pendistribusian produk ke luar negara termasuk mobil. Dalam industri mobil, distribusi suatu kendaraan sangat ditentukan oleh keberadaan produsennya. Di Indonesia sendiri, sudah banyak terdapat produsen dari luar negeri membangun pabriknya, terutama perusahaan asal Jepang.

Banyaknya merek mobil asal Jepang yang digunakan di Indonesia membuat perusahaan produsen mobil terkemuka tersebut membangun banyak sekali pabrik untuk memenuhi permintaan pasar yang kian hari semakin besar saja. Keberadaan pabrik-pabrik tersebut bertujuan untuk menghemat biaya pembelian bahan baku dan juga biaya produksi.

Lebih jauh lagi, perusahaan tersebut bisa menjalin kerja sama dalam jangka panjang dan tentu saja proses pendistribusian ke seluruh wilayah Indonesia menjadi semakin mudah.

Ada lima perusahaan produsen mobil yang sangat terkemuka dan terbesar di Indonesia, diantaranya adalah:

Toyota

Perusahaan Toyota yang membawahi perusahaan Toyota di Indonesia adalah Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau TMMIN. Lokasi perusahaan ini berada di kawasan Sunter dan Tangerang.

Yaris, Avanza, Agya, Innova, Fortuner, dan Veloz yang sudah diproduksi di Indonesia dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil dari perusahaan produsen mobil terkemuka yang diproduksi langsung dari negara asal yaitu Jepang. Tak tanggung-tanggung, perusahaan ini bisa memproduksi mobil sekitar 200.000 unit setiap tahun.

Honda

Honda masih menjadi pilihan sebagian besar masyarakat Indonesia ketika membeli kendaraan pribadi. Dengan kapasitas produksi yang sama dengan Toyota, Honda memiliki beberapa pabrik di wilayah Kerawang. Mobilio, Brio, HR-V, dan Freed telah diproduksi di dalam negeri.

Daihatsu
Keberadaan pabrik Daihatsu di kawasan Sunter dan Kerawang membuat mobil yang diproduksi sekitar 180.000 – 200.000 unit per tahun membuat harganya sangat terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Suzuki

Suzuki memang mengalami perkembangan penjualan yang cenderung naik turun atau tidak stabil dibanding keempat perusahaan produsen mobil terkemuka lainnya. Akan tetapi, Suzuki telah memiliki empat pabrik di daerah Cikarang dengan jumlah produksi sebesar 150.000 unit per tahun.

Peluncuran Ertiga dan Suzuki Swift membuat Suzuki menjadi saingan kuat produsen mobil lainnya. Hal ini disebabkan harga yang mampu bersaing dan difasilitasi dengan fitur yang sangat lengkap.

Nissan

Walaupun tergolong produsen baru, tetapi Nissan sudah mampu menjadi salah satu dari lima perusahaan terkemuka di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh produk MVP yaitu Nissam Grand Livina yang menjadi favorit di Indonesia. Nissan memiliki pabrik di Purwakarta yang diresmikan pada 2004 yang bisa memproduksi mobil sekitar 80.000 setiap tahun.

Lima perusahaan produsen mobil terbesar Indonesia ini bisa menjadi referensi Anda dalam memilih mobil terbaik menurut kebutuhan dan keinginan Anda. Semakin besar jumlah penjualan perusahaan setiap tahun berbanding lurus dengan besarnya jumlah masyarakat Indonesia yang sudah membeli mobil hasil produksi pabrik tersebut.

Demikian penjelasan mengenai lima perusahaan produsen mobil terkemuka di Indonesia yang bisa Anda ketahui nama perusahaan, lokasi, merk mobil, dan jumlah unit yang terjual per tahunnya.