Berapa Modal yang Ideal untuk Membangun Bisnis E -learning?

Berapa Modal yang Ideal untuk Membangun Bisnis E -learning?

Berapa Modal yang Ideal untuk Membangun Bisnis E -learning?

 

Berapa Modal yang Ideal untuk Membangun Bisnis E -learning? -  Perkembangan era globalisasi senantiasa berjalan dan berpengaruh terhadap berbagai lini kehidupan. Sektor-sektor penting yang berkaitan dengan kepentingan orang banyak kini telah dilengkapi dengan berbagai alat-alat pendukung yang lebih efektif. Di negara Indonesia sendiri untuk globalisasi berkembang dengan cukup pesat dan masuk ke dalam berbagai instrumen sehingga mengedepankan kemudahan dan efisiensi waktu.

Hal ini membuat banyak orang mudah melakukan berbagai aktivitas dengan menikmati berbagai fasilitas dari globalisasi. Aspek pendidikan pun mendapatkan berbagai pengaruh dari era globalisasi tersebut. Salah satunya dengan kemudahan mendapatkan bahan ajar serta menyesuaikan berbagai pola pembelajaran.

Era globalisasi dengan berbagai konsekuensinya menghasilkan manusia yang memiliki berbagai inspirasi, apresiasi dan juga imajinasi. Hal ini tentunya bukan menjadi efek negatif selama budaya dan dampak dari globalisasi tersebut dapat menyatukan masyarakat menjadi lebih baik.

Dalam prosesnya banyak pengetahuan mengenai model pembelajaran yang diterapkan dalam pendidikan misalnya CBSA atau Cara Belajar Siswa Aktif, PAIKEM, serta beberapa model pembelajaran hasil adopsi dari berbagai negara berkembang seperti multiple intelegence, active learning dan juga quantum learning. Proses pembelajaran dengan menggunakan elektronik atau e-learning menjadi salah satu model pembelajaran baru yang lebih memudahkan. Tak heran banyak yang membangun bisnis e-learning.

Perkembangan di atas tentunya tidak lepas dengan adanya berbagai perubahan secara terus-menerus dan silih terganti. Kini sektor pendidikan merupakan usaha bersama dengan berbagai kemudahan dan tujuan yang sesuai dengan harapan yaitu dapat mencerdaskan.

Tak dapat dipungkiri bahwa pendidikan memang beranjak menjadi sebuah sektor jasa yang tidak lagi sederhana. Dengan perkembangan sesuai dengan perkembangannya maka kini terdapat perubahan sistem yang menyesuaikan seperti tenaga pengajar yang kemampuannya ditingkatkan dan juga sarana prasarana untuk menunjang pendidikan tersebut. Contoh ini tentu saja berkaitan erat dengan kualitas dan mutu pendidikan.

Pembelajaran dengan metode e-learning merupakan salah satu bahan perkembangan dalam dunia pendidikan. Metode ini mengalami kemajuan yang sangat pesat dan jaya di beberapa negara maju. Cara pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menjadi alternatif mengusir kejenuhan selain gaya belajar konvensional.

Banyaknya peminat dalam pembelajaran dengan metode ini menjadikan banyak pengusaha yang membangun bisnis e-learning. Mereka berlomba-lomba menyediakan fasilitas pembelajaran e-learning dengan berbagai proses pembelajaran yang menarik. Adapun modal yang perlu disediakan untuk membangun bisnis ini memang bukan nominal yang sedikit. Perlu dana mulai dari 30 hingga 50 juta rupiah untuk membuat e- learning lengkap dengan berbagai fasilitas pendukungnya.

Jika tempat les atau bimbingan online memerlukan tempat belajar yang nyaman bagi para siswanya maka program e-learning membutuhkan beberapa fasilitas diantaranya modul interaktif dan assessment. Modul tersebut tentunya harus bisa dijalankan di laptop, PC, tablet ataupun smartphone. Akan lebih menarik lagi jika ditambahkan video dengan desain karakter sesuai dengan pembelajaran.

Model untuk membangun bisnis e-learning digunakan untuk melengkapi fasilitas proses pembelajaran secara online atau pun beberapa video interaktif untuk siswa. Kini banyak pembelajaran e-learning yang menggunakan video animasi dengan total durasi yang cukup panjang hingga beberapa menit. Hal ini tentunya menjadi salah satu kelebihan sekaligus tantangan dalam persaingan dengan pelaku bisnis e-learning lainnya.

Diperlukan berbagai inovasi dan juga kreativitas yang baik agar dapat mengalir menyajikan proses pembelajaran yang tidak hanya dapat dimengerti oleh siswa tapi juga menyenangkan dan menarik.

Itulah sekilas mengenai pembelajaran di era digital dan modal untuk membangun bisnis e-learning. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi Anda yang ingin mendalami bisnis yang satu ini.