Cara Menghitung Valuasi Bisnis dan Strategi Negosiasi Kepada Investor

Cara Menghitung Valuasi Bisnis dan Strategi Negosiasi Kepada Investor

Cara Menghitung Valuasi Bisnis dan Strategi Negosiasi Kepada Investor

 

Cara Menghitung Valuasi Bisnis dan Strategi Negosiasi Kepada Investor   - Dalam setiap transaksi dalam akuisisi maupun merger terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan. Tahapan tersebut diawali dengan melakukan persiapan informasi awal lalu dilanjutkan dengan membuat kesepakatan awal tentang nilai valuasi dalam akuisisi tersebut.

Selanjutnya melakukan tahapan due diligence yang berguna untuk dapat mengetahui kondisi perusahaan sesuai dengan informasi yang disediakan. Setelah itu dilanjutkan dengan valuasi kembali terhadap target berdasarkan data-data perusahaan yang ada pada due diligence.

Dalam menghitung valuasi bisnis kedua pihak memiliki pandangan yang berbeda, penjual biasanya memberikan valuasi yang tinggi sedangkan pembeli memberikan nilai valuasi yang cenderung lebih rendah.

Dalam proses valuasi, umumnya terdapat beberapa pertanyaan diantaranya:

a. Bagaimana kedua pihak melakukan valuasi?

b. Bagaimana menemukan metode yang terbaik?

Sebuah pertanyaan tersebut kerap menjadi pertanyaan penting bagi perusahaan pembeli maupun penjual.

Berikut ini beberapa metode dalam menghitung valuasi bisnis yang kerap digunakan:

Metode Book Value atau Nilai Buku

Metode ini digunakan secara lebih umum dengan cara melihat nilai  pada laporan keuangan perusahaan. Nilai yang menjadi ukuran adalah nilai total ekuitas dikurangi kewajiban dari perusahaan. Nilai buku berisi akumulasi kinerja dari mulai didirikan sampai dibuatnya laporan keuangan.

Metode Market Value atau Nilai Pasar

Metode ini berdasarkan pada nilai pasar dari harga saham yang telah beredar serta merupakan penawaran dan permintaan antara investor di bursa saham tersebut. Nilai pasar adalah akumulasi atau kumpulan dari beberapa transaksi yang terjadi di buka. Jika nilai ini dipergunakan untuk dijadikan patokan maka nilai transaksi yang tersebut akan menjadi pertimbangan. Di perusahaan yang tertutup akan sulit dinilai pasar dan saham tidak bisa diperoleh. Hal ini merujuk pada perusahaan terbuka yang sejenis yang bisa dijadikan referensi harga.

Metode Nilai Likuidasi (Liquidation Value)

Metode menghitung valuasi bisnis ini merupakan metode yang berdasarkan nilai perusahaan yang dilikuidasi. Umumnya metode ini digunakan jika perusahaan sudah dalam upaya atau dalam proses untuk kewajiban membayar utang. Tahapan yang digunakan biasanya menilai aset, identifikasi kewajiban yang harus dibayar, melakukan pemanggilan para kreditur, pelelangan aset lalu melunasi kewajiban membayar. Kelebihannya yang masih ada nantinya akan dikembalikan kepada para pemegang saham.

Metode Sum of The Part

Metode menghitung valuasi bisnis yang satu ini caranya dengan menjumlahkan nilai anak perusahaan atau divisi. Tahapan dalam metode ini adalah menjumlahkan anak perusahaan atau divisi dan pengurangan biaya pengeluaran atau transaksi dalam akuisisi dan merger.

Metode Diskonto Arus Kas (Discounted Cash Flow)

Metode yang satu ini berfokus pada masa depan perusahaan dengan membuat proyeksi keuangan untuk jangka waktu yang lebih panjang sebagai hasil yang sinergi antara perusahaan yang akuisisi ataupun merger. Konsepnya berdasarkan suatu premises bahwa seorang investor memiliki aset bukan karena ingin saja tapi merupakan potensi yang akan dihasilkan di masa datang. Metode yang satu ini caranya dengan memasukan nilai tambah yang dihasilkan akibat akuisisi.

Metode Relative Market Value

Metode ini memperhitungkan nilai valuasi berdasarkan transaksi pada perusahaan sejenis pada industri yang sama perhitungan ini berdasarkan pada nilai relatif yang ada di perusahaan target

Dari metode-metode valuasi bisnis di atas, dapat diketahui pula tujuan dari masing-masing valuasi yang dilakukan. Adapun strategi negosiasi kepada para investor harus dilakukan juga dengan lebih teliti.

Jangan mengedepankan emosi, pikirkan langkah dengan rasional dan berbagai pertimbangan, lakukan penawaran yang wajar berdasarkan cash flow, menentukan batas maksimal harga sebelum negosiasi dan memnatau perkembangan harga.

Itulah beberapa cara atau metode dalam menghitung valuasi bisnis dan juga strategi dalam melakukan negosiasi. Semoga dapat bermanfaat.