Honda dan Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia

Honda dan Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia

Honda dan Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia

 

 

Honda dan Perkembangan Industri Otomotif di Indonesia. Perusahaan Honda hadir pertama kali berdiri di Indonesia pada 1960.  Kehadirannya langsung memikat masyarakat di Indonesia yang pada awalnya menggunakan kendaraan dari Eropa dan Amerika.

Secara singkat, tiga tahun kemudian Honda meluncurkan produk perdana berupa mobil dengan jenis Honda T360 yang berusaha menggeser mobil-mobil yang sudah ada di pasaran. Setelah itu, Honda kembali meluncurkan produk kedua yaitu Honda Civic dua pintu yang diikuti dengan versi tiga pintu pada 1972.

Pada 1994, PT Honda Prospect Motor (HPM) didirikan dan merupakan perusahaan hasil kerja sama antara HPM dan Honda Motor, Co. Ltd. Honda mulai mendirikan pabrik pertamanya di Karawang, Jawa Barat untuk memproduksi mobil-mobil mereka pada 2003. Perusahaan industri otomotif ini bisa memproduksi sebanyak 80 ribu unit per tahun dan di tahun yang sama, Honda meluncurkan mobil Honda Jazz 5 pintu.

Pada 2011, Honda kembali meluncurkan produk terbaru yang ramah lingkungan yaitu Honda Brio Satya. Banyaknya permintaan dari konsumen membuat Honda mendirikan pabrik pada 2012 dan sudah siap beroperasi pada 2014 dengan memproduksi mobil sebanyak 120 ribu unit per tahun.

Selanjutnya, Honda kembali meluncurkan mobil terbaru dengan konsep Honda’s Global Small Platform yaitu Honda Mobilio yang merupakan jenis MVP mini. Honda BR-V, Honda H-RV, dan Honda CR-V merupakan tipe mobil lain yang dimiliki Honda dan bisa Anda dapatkan saat ini.

Honda Sepeda Motor

Honda hadir di industri otomotif sepeda motor pada 1971 melalui PT Astra Honda Motor (AHM). Saat itu Honda hanya bisa merakit sepeda motor saja, sedangkan seluruh komponen atau sparepart diimpor langsung dari negara Jepang.

S90Z merupakan sepeda motor seri pertama yang dikeluarkan oleh perusahaan tersebut. Di tahun pertama, Honda mampu memproduksi hingga mencapai 1.500 unit dan semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pada 1973, Honda kemudia meluncurkan sepeda motor Honda Benly S110 yang didatangkan langsung dari negara asal yaitu Jepang. Sepeda motor ini memikat banyak konsumen di Indonesia karena merupakan yang pertama menggunakan mesin 100 CC.

Honda terus berinovasi dengan meluncurkan produk-produk terbaru pada 1992 dan 1994 yaitu CB100 dan CB125. Tentu saja dengan tampilan yang lebih menarik dari sepeda motor pendahulunya. Motor ini memiliki tangki berbentuk bulat dan mesin yang memiliki performa lebih baik membuatnya semakin dicintai pengguna motor Honda.

Sampai saat ini, kedua sepeda motor tersebut masih ada dan dikoleksi oleh para pencinta sepeda motor Honda termasuk bagi orang yang merupakan penggemar motor klasik. Pada 2001, penjualan sepeda motor Honda mengalami peningkatan yang cukup drastis disebabkan perubahan komposisi kepemilikan saham.

Pada 2014, PT AHM telah mempunyai empat pabrik industri otomotif yang berlokasi di di Pulau Jawa. Keempat pabrik tersebut bisa memproduksi sepeda motor sebanyak 5.8 juta unit per tahun dan akan semakin meningkat mengingat permintaan pasar yang semakin besar.

PT AHM pada 2015 berhasil meraih prestasi dengan pencapaian produksi hingga 50 juta unit. Ini merupakan prestasi pertama yang diraih oleh perusahaan industri sepeda motor pertama di Indonesia untuk tingkat ASEAN.

Oleh karena itu, sangat tidak mengherankan jika sepeda motor Honda sebagai perusahaan industri otomotif mendominasi jalanan yang ada di wilayah Anda. Dengan berbagai jenis pilihan dan kemampuan serta kualitas membuat banyak konsumen yang menjadi pelanggan setia perusahaan ini.