Pengertian Analisis Fundamental Dalam Sektor Pasar Modal

Pengertian Analisis Fundamental Dalam Sektor Pasar Modal

Pengertian Analisis Fundamental Dalam Sektor Pasar Modal

 

Pengertian Analisis Fundamental Dalam Sektor Pasar Modal - Fundamental merupakan sebuah teknik analisa yang banyak digunakan oleh investor. Analisa ini dilakukan untuk membantu para investor dalam mengambil keputusan jual beli saham. Fundamental analysis dilakukan dengan memperhitungkan berbagai faktor seperti analisis persaingan usaha, industri, ekonomi, kinerja perusahaan serta analisis pasar makro mikro.

Tidak hanya terbatas untuk saham analisis fundamental sebenarnya bisa digunakan untuk emas dan forex. Namun, fundamental analysis hingga saat ini masih identik dengan saham. Para investor yang menggunakan aspek fundamental ini dikenal dengan sebutan fundamentalis.

Perlu diketahui dalam melakukan proses analisis ini diperlukan beberapa data yang tentunya bisa untuk dianalisa. Data tersebut biasanya berupa data ekonomi dan laporan keuangan. Ini bisa didapatkan dari berbagai berita yang dirilis oleh emites resmi.

Terdapat beberapa tempat membuka rekening saham yang menyediakan data ekonomi dan laporan keuangan yang dibutuhkan para penanam modal. Sebagai investor, anda tentu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari data tersebut.

Dalam analisis fundamental data yang didapatkan harus dilakukan analisis top-down. Analisis ini bisa dimulai dari analisa secara makro pada kondisi ekonomi negara dan analisa secara mikro pada perusahaan. Ini penting untuk dilakukan untuk mengetahui kondisi ekonomi negara secara keseluruhan.

Anda harus memastikan apakah ekonomi masih tumbuh dengan baik atau tidak. Perkembangan ekonomi yang baik tentu akan mendorong pertumbuhan perusahaan-perusahaan besar, termasuk perusahaan yang Anda miliki.

Proses selanjutnya adalah dengan melakukan analisis sektoral atau industri, di mana tujuan dari analisis ini adalah untuk mengetahui kondisi dari beberapa industri yang akan menjadi perusahaan untuk menanam modal. Sebagai investor, Anda harus mengetahui sektor industri apa saja yang memiliki peluang besar untuk berkembang dengan baik.

Langkah analisis fundamental yang selanjutnya adalah dengan melakukan analisis mikro. Proses analisis ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari perusahaan. ini bisa dilakukan dengan mengukur lancarnya keuangan perusahaan yaitu dengan melihat laporan keuangan yang dikeluarkan perusahaan.

Lalu sebenarnya apa fungsi dari fundamental analisis ini? Beberapa fungsi dari diterapkannya fundamental analysis pada perusahaan adalah :

  • Memilih waktu yang tepat untuk masuk dan keluar dari pasar modal. Fungsi ini akan berjalan jika analisis terhadap perkembangan ekonomi negara dilakukan dengan baik.
  • Dengan melakukan analisis sektoral atau industri, investor akan sangat mudah untuk menentukan pilihan saham mana yang tepat untuk diinvestasikan. Ini tentu akan sangat membantu perusahaan untuk terhindar dari perusahaan yang fundamental nya tidak jelas.
  • Valuasi saham akan sangat dengan mudah jika proses analisis fundamental diterapkan. Investor akan mengetahui berapa harga wajar dari sebuah saham. Untuk melakukan penghitungan valuasi saham bisa dilakukan dengan menggunakan beberapa metode diantaranya price earning ratio, price to book value ratio, free cash flow serta Metode penghitungan valuasi saham lainnya.

Sempak di singgung sedikit pada pembahasan sebelumnya, bahwa dalam proses fundamental analysis perlu dilakukan analisis laporan keuangan dari perusahaan. untuk melakukan analisis ini sebagai investor Anda bisa melakukan dua cara berikut ini :

  • Melakukan perbandingan kinerja perusahaan dalam beberapa periode.
  • Melakukan perbandingan perusahaan dengan perusahaan lain yang memiliki faktor yang sama.

Perlu diketahui, fundamental analysis menjadi salah satu bagian terpenting dari sebuah perusahaan saham. Fundamental akan sangat membantu perusahaan dalam menyusun portofolio saham. Seperti yang sudah diketahui, portofolio saham ini merupakan sebuah kumpulan beberapa saham yang sebelumnya sudah melalui beberapa seleksi.

Bagi Anda para penanam modal, pahami cara melakukan analisis fundamental ini untuk membantu perkembangan perusahaan Anda. Perusahaan anda juga akan dapat dikenal dengan baik jika fundamental perusahaan jelas keberadaannya.