Prospek Agribisnis Budidaya Cabe

Prospek Agribisnis Budidaya Cabe

Prospek Agribisnis Budidaya Cabe

 

Prospek Agribisnis Budidaya Cabe - Sebagaimana berita yang di lansir oleh kalbar.antaranews.com. Keuntungan menanam cabe sampai mencapai 100 juta per hektar di Landak, Kalimantan barat setiap kali musim.

Keuntungan yang sebesar ini membuat banyak orang tergiur untuk ikutan menanam cabe. Prospek budidaya cabe yang sebagus ini juga dipicu oleh semakin meningkatnya orang yang mengkonsumsi cabe sebagai bahan pelengkap makanannya.

Penasaran bagaimana prospek cabe bisa sebagus ini? Berikut ini peluang dan harapan dari agribisnis cabe;

Menjual Bibit Cabe Siap Tanam

25 sampai 31 hari setelah semai, bibit cabe sudah bisa Anda tawarkan ke konsumen. Bisa dibilang peluang jual bibit cabe siap tanam ini merupakan peluang budidaya cabe yang paling cepat menghasilkan keuntungan dari pada menjual cabenya.

Jangan khawatir dengan jumlah pembeli, karena dilihat dari prospek cabe di Kalimantan barat yang sudah dikabarkan di atas. Harapan untuk banyak mendatangkan pembeli pasti akan terwujud. Sebab orang tidak akan acuh tak acuh mengenai kabar itu, apalagi orang pedesaan. Mereka pasti akan berlomba-lomba untuk membeli bibit cabe untuk dibudidaya.

Harga bibit cabe juga lumayan mahal, biasanya mulai dari Rp. 200 sampai Rp. 500 per bibit. Berarti jika Anda berhasil menjual bibit cabe sampai 1000 bibit Anda akan mendapatkan uang Rp. 200.000 sampai Rp.500.000.

Anda bisa memasarkan bibit cabe siap tanam Anda di daerah pedesaan, juga bisa Anda pasarkan melalui media online. Untuk meluaskan pasar Anda.

Bisnis Cabe Hias dalam Pot

Untuk mendapatkan propek budidaya cabe yang bagus, Anda bisa memilih peluang tanaman cabe hias ini untuk mendapatkan keuntungan bisnis cabe Anda. Di kota-kota besar biasanya tanaman hias cabe dalam pot paling diminati. Sehingga pendapatan Anda dalam peluang ini akan besar.

Harga cabe hias biasanya seharga Rp. 10.000 sampai Rp. 20.000 per pot, lumayan mahal juga kan? Jadi mulai pasarkan cabe hias Anda sekarang, di toko-toko tanaman hias atau bisa Anda jual sendiri ke teman-teman Anda.

Menanam Cabe dalam Polybag di Pekarangan Rumah

Anda mempunyai lahan yang sempit? Jangan khawatir, Anda bisa budidaya cabe dalam polybag. Terapkan penataan yang tepat supaya lahan sempit Anda bisa memuat banyak tanaman cabe.

Jika Anda menanam cabe dalam polybag sebanyak 100 tanaman, dan tiap tanaman dapat menghasilkan 7 ons cabe. Berarti Anda sudah  berhasil produksi cabe sebanyak 70 Kg.

Jika harga cabe mencapai Rp. 50 ribu per Kg. Anda sudah bisa mendapatkan uang sebesar 6 juta setiap kali dua kali penjualan.

Itu artinya lahan sempit Anda bisa menghasilkan banyak uang cukup Anda bisa kreatif menggunakan peluang.

Bisnis Cabe Kering

Seperti yang pernah dialami oleh pembudidaya cabe. Ada kalanya harga cabe melambung tinggi ada saatnya juga rendah bahkan anjlok.

Jika harganya tinggi mungkin menjual cabe segar. Merupakan peluang yang besar bagi para pembudidayanya. Akan tetapi, bila rendah pembudidaya cabe disarankan untuk mengeringkan cabe segar tersebut untuk menghindari kerugian. Cabe kering jauh lebih awet dan bisa Anda jual kapan saja. Khususnya ketika harga cabe kering naik. Meskipun normalnya, harga cabe kering jauh lebih mahal dari cabe segar.

Untuk mendapatkan 1 Kg cabe kering, memang dibutuhkan sekitar 6 Kg segar. Jika harga cabe segar per Kg hanya sekitar Rp. 3.000. Jadi, modal yang Anda butuhkan hanya sekitar 18 ribu untuk 1 Kg cabe kering.

Jika harga cabe kering per Kg mencapai 75 ribu. Anda sudah mendapatkan keuntungan sebesar 58 ribu setiap kali menjual 1 Kg  cabe kering. Dengan begitu prospek agribisnis budidaya cabe tetap aman.

Bisnis Cabe Bubuk

Akhir-akhir ini cabe bubuk sudah banyak diminati masyarakat. Biasanya bubuk cabe ini digunakan sebagai pelengkap makanan ringan seperti kerupuk, sosis maupun hidangan masakan.

Selain lebih awet dari usaha cabe lainnya, cabe kering juga memiliki harga yang lumayan tinggi hanya dengan sekitar 3 sendok makan saja harganya sudah mencapai Rp. 5000. Fantastis sekali kan...?

Cobalah berbisnis cabe dengan menggunakan peluang di atas. Dijamin budidaya cabe Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar.