Rekomendasi 5 Situs Bitcoin Terbaik dan Tips Sebelum Memulai Transaksi

Rekomendasi 5 Situs Bitcoin Terbaik dan Tips Sebelum Memulai Transaksi

Rekomendasi 5 Situs Bitcoin Terbaik dan Tips Sebelum Memulai Transaksi

 

 

Rekomendasi 5 Situs Bitcoin Terbaik dan Tips Sebelum Memulai Transaksi - Dikenal sebagai uang elektronik, bitcoin dirancang pertama kali oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Dengan menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan yang terpusat. Dalam hal ini tidak ada bank sentral yang mengaturnya. Itulah sebabnya mengapa bitcoin dinilai sebagai aset beresiko tinggi.

Walau begitu, kehadiran bitcoin di Indonesia sangat direspon positif oleh masyarakat karena banyaknya kemudahan dan keuntungan yang bisa didapat dari bitcoin tersebut. Terbukti saat ini hadir beberapa situs yang dinilai terbaik dan dapat dipercaya dalam memperjualbelikan bitcoin, diantara situs-situs tersebut adalah.

Indodax.com

Salah satu situs bitcoin pertama dan telah menjadi yang terbesar di Indonesia. Indodax.com yang berdiri tahun 2013, awalnya bernama bitcoin.co.id. Situs ini juga telah menjadi salah satu situs terbesar di Asia Tenggara. Tak hanya itu, indodax juga telah memiliki lebih dari 30 digital aset yang diperjualbelikan.

Rekeningku.com

Situs ini masih merupakan situs Indonesia yang cukup aktif bermain di pasar kripto. Berdiri sejak tahun 2017, situs ini memiliki nama tokennya sendiri yaitu ANA Coin. Rekeningku.com awalnya berasal dari sebuah pabrik mining bitcoin, sebelum akhirnya bisa meluncurkan situs trading.

TokoCrypto

Rekomendasi selanjutnya adalah TokoCrypto. Situs ini masih merupakan satu-satunya situs yang menerapkan sistem OTC atau On The Counter di Indonesia. Berbeda dengan kebanyakan situs lainnya, situs ini tidak menyediakan order book.

Dalam artian segala transaksi jual beli dalam situs bitcoin ini hanya dapat dilakukan secara langsung antara pengguna dan tanpa market. Dengan sistem ini, harga bitcoin menjadi lebih tinggi dan keuntungan yang dihasilkan pun lebih besar.

Bitocto

Walau baru berdiri dan beroperasi selama 2 tahun yaitu sejak 2018, namun sebagai situs yang memperjualbelikan bitcoin, Bitocto telah membuktikan pelayanan jual beli aset digitalnya secara mudah dan aman.

Binance

Walau bukan situs asli Indonesia dan baru beroperasi tahun 2017, namun Binance telah menjadi satu-satunya yang terbesar di dunia saat ini. Dengan sistem crypto-cripto transfer, di Binance Anda tidak dapat menyimpan deposit dengan mata uang FIAT.

Walau begitu, perkembangan yang cukup pesat dari Binance, membuatnya kini menjadi situs bitcoin terbaik di pasar kripto dengan volume yang besar serta likuiditas yang menguntungkan.

Dari kelima situs tersebut, beberapa hal tetap harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk melakukan jual beli bitcoin di situs-situs tersebut. Berikut tips bagi Anda yang baru ingin memulai jual beli bitcoin.

Mempelajari Situs dengan Seksama

Penting bagi Anda meluangkan waktu khusus untuk membaca dan mempelajari dengan seksama sistem jual beli bitcoin yang ada di sebuah situs. Hal ini agar Anda tidak salah paham atau salah langkah dalam mengambil keputusan.

Mengamankan Wallet Adalah Hal Utama

Sama seperti kehidupan nyata, memberi pengamanan ekstra pada wallet Anda adalah hal utama. Anda bisa menggunakan fasilitas keamanan dari situs bitcoin yang Anda pilih dengan maksimal  dengan mengikuti langkah-langkah pengamanannya, dengan begitu uang Anda akan secara otomatis terlindungi.

Pembayaran yang Tidak dapat Dibatalkan

Hal selanjutnya yang penting untuk Anda ketahui adalah bahwa sistem pembayaran bitcoin tidak bisa dibatalkan. Untuk itu sebelum melakukan transaksi ada baiknya Anda lebih berhati-hati dan hanya melakukan bisnis ke orang atau organisasi yang memang telah Anda percaya.

Demikian beberapa tips sebelum melakukan jual beli atau transaksi melalui bitcoin dan rekomendasi situs bitcoin terbaik yang perlu Anda ketahui. Jadi, apakah Anda sudah memikirkan untuk mencoba bitcoin sebagai salah satu uang elektronik masa kini?