Sejarah Industri Otomotif Toyota di Indonesia

Sejarah Industri Otomotif Toyota di Indonesia

Sejarah Industri Otomotif Toyota di Indonesia

 

 

Sejarah Industri Otomotif Toyota di Indonesia. Toyota merupakan satu perusahaan yang bergerak dalam industri otomotif dan termasuk satu diantara produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan ini berpusat di kota Tokyo, Jepang dan dibangun pada 1937.

Kiichiro Toyoda merupakan pendiri perusahaan ini dan merupakan anak sulung dari Sakichi Toyoda yang berperan sebagai pencetus ide berdirinya industri Toyota. Awalnya  pada 1990an, Sakichi Toyoda hanya memproduksi mesin jahit. Sakichi Toyoda bagi orang Jepang sudah sangat layak disejajarkan dengan penemu terkenal Thomas Alva Edision.

Ia hadir bukan hanya sebagai pencerah dalam perindustrian Jepang, tetapi juga mempermudah pekerjaan para buruh tenun. Ia menciptakan mesin jahit otomatis sehingga buruh dapat menambah efisiensi dan kapasitas produksi tekstil saat itu.

Kiichiro Toyoda yang pada akhirnya menjadi pemilik industri otomotif Toyota mewarisi etos kerja ayahnya yaitu sangat trampil dan tidak mudah putus asa dalam menyelesaikan sesuatu. Sikap ini terbentuk dari teladan sang ayah yang sudah ia lihat dari semenjak kecil.

Setelah lulus dari universitas, Kiichiro Toyoda memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan keluarganya yaitu Toyoda Automatic Loom Woks Ltd. yang dikemudian hari diubah menjadi Toyoda Industries Coorporation. Sebelum wafat Sakichi Toyoda menginstruksikan kepada anak sulungnya tersebut untuk tetap melanjutkan dan mengembangkan perusahaan mereka.

Namun, ketertarikan Kiichiro Toyoda pada dunia otomotif membuatnya mengambil keputusan yang diyakini orang lain penuh dengan risiko. Hal tersebut disebabkan lantaran masih sedikit perusahaan di Jepang yang bergerak di bidang tersebut.

Pemerintah Jepang yang mendengar ide Kiichiro Toyoda untuk mendirikan perusahaan industri otomotif Toyota dan memproduksi kendaraan di dalam negeri mereka. Kemudian ia pergi ke Amerika Serikat dan Eropa untuk belajar mengenai industri otomotif dan mencari inspirasi tentang mobil seperti apa yang akan ia produksi.

Ia berkali-kali mengunjungi pabrik di Detroit untuk mempelajari detail mobil Ford maupun Chevrolet. Setelah itu, ia mulai memproduksi mobil yang sudah diidam-idamkannya sejak lama. Pada 1935, mobil pertama yang diberi nama Model A1 berhasil diciptakan.

Uniknya, mobil buatannya tersebut bisa bertukar komponen atau spareparts dengan sedan-sedan Amerika yang pada waktu itu sangat mendominasi jalan raya di Jepang.

Awal Mula Berdirinya Perusahaan Toyota di Indonesia

Ternyata, perusahaan industri otomotif pertama berdiri di Indonesia adalah General Motor (GM) yang berasal dari Amerika Serikat yang berlokasi di Tanjung Priok pada 1920. Namun, setelah Belanda menyerahkan kedaulatan sepenuhnya pada Indonesia, GM mengalami proses nasionalisasi dan diakuisisi pemerintah.

GM kemudian diambil alih oleh Astra dengan mendirikan PT Astra Toyota Motor sebagai perusahaan otomotif Toyota. Beberapa waktu kemudian berubah nama kembali menjadi Gaya Motor (GM) dan memproduksi semua mobil lansiran berlogo huruf T.

Land Cruiser sebagai generasi awal mobil Toyota akhirnya ditemani oleh Toyota Tiara yang kemudian diikuti dengan berbagai model lainnya hingga hari ini. Kini, mobil-mobil berlogo huruf T sangat mendominasi jalan raya di seluruh Indonesia. Apalagi seiring dikeluarkannya Toyota Avanza, dengan harga yang mudah dijangkau masyarakat kelas menengah.

Masyarakat Indonesia sampai saat ini masih tetap menganggap bahwa Toyota merupakan merek mobil nomor satu yang menjadi pilihan dalam pembelian kendaraan roda empat. Hal ini menyebabkan produksi dan penjualan perusahaan ini menempati urutan pertama dari perusahaan-perusahaan sejenis.

Kemudahan dalam mencari komponen atau sparepart jika rusak juga sangat mudah. Banyak toko-toko kecil yang sudah menjual komponen kecil dari mobil Toyota ini. Dengan begitu, pengguna tidak perlu merasa khawatir jika di kemudian hari mobil mereka mengalami kerusakan.

Hal tersebut lantaran sparepart yang dibutuhkan sudah banyak tersedia dan mobil bisa segera diperbaiki. Demikian sejarah singkat perusahaan industri otomotif Toyota dari awal mula berdiri sampai ada di Indonesia.